JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

Hingga saat ini FMIPA UNIMED mengasuh empat Jurusan dan satu Program Billingual,  masing-masing jurusan mengasuh dua Program Studi. Daftar nama Jurusan dan Program studi, kode, dan akreditasi prodi diperlihatkan pada Tabel 1.

NO

Jurusan

Jenjang

Nama Prodi

Kode Prodi

Akreditasi

1.

Matematika

S1

Pendidikan Matematika

41

B

S1

Matematika

45

B

2.

Fisika

S1

Pendidikan Fisika

42

B

S1

Fisika

46

B

3.

Kimia

S1

Pendidikan Kimia

43

B

S1

Kimia

47

B

4.

Biologi

S1

Pendidikan Biologi

44

B

S1

Biologi

48

B

 

Program Bilingual / Kelas Internasional 

Peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) merupakan tuntutan globalisasi dalam upaya mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Globalisasi dalam bidang pendidikan semakin dirasakan di Indonesia yang mendorong Universitas Negeri Medan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang berlangsung cepat. Untuk meningkatkan SDM berdaya saing global, pemerintah telah memberi kesempatan kepada penyelenggara pendidikan untuk perluasan akses membuka sekolah dengan berbagai jenis kategori seperti Sekolah Internasional. Sekolah bertaraf Intemasional (SBI). Sekolah Rintisan Intemasional, Sekolah Bilingual, dan sejenisnya pada berbagai jenjang pendidikan. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan guru bidang Matematika dan Ilmu Pengetabuan Alam (MIPA) yang akan mengajar di Sekolah Menengah (SMP, SMA/SMK/MA) bertaraf intemasional, maka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka Program Bilingual dan Kelas Internasional pada 4 (empat) Program Studi (prodi), yaitu Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Pendidikan Biologi. Program Bilingual adalah program akademik dengan individu yang dapat menggunakan dua kemampuan bahasa (Indonesia dan Inggris), memiliki pemahaman yang tinggi mengenai kompetensi speaking, reading, and writing dalam dua bahasa Pembelajaran (teaching or reading) bilingual meliputi penggunaan dua bahasa dalam kegiatan pembelajaran (teacing and learning instruction). Kelas Intemasional memiliki fasilitas, sumberdaya, kegiatan akademik, dan output lulusan berstandar intemasional.

Tujuan umum Program Bilingual FMIPA Unimed adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menempuh pendidikan dengan menggunakan fasilitas belajar di Universitas Negeri Medan sesuai dengan ketentuan Program Kelas Internasional dan Bilingual FMIPA Unimed. Tujuan khusus Program Kelas Intemasional dan Bilingual FMIPA Unimed adalah : 

  1. Mencetak calon guru bidang MIPA yang mampu mengajar di dalam dan di luar negeri, khususnya di negara-negara Asia Tenggara dan Australia menggunakan bahasa intemasional.
  2. Mencetak calon guru bidang MIP Ayang mampu mengajar dan mengembangkan karir pada Sekolah Internasional. Sekolah Bertaraf Internasional, Sekolah Rintisan Internasional, Sekolah Bilingual, dan sejenisnya.
  3. Meningkatkan kemampuan lulusan pada penguasaan bidang MIPA dan pembelajarannya untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri.

Program Kelas Internasional dan Bilingual FMIPA Unimed menyelenggarakan Pendidikan Strata satu (S1) bidang pendidikan MIPA. Mahasiswa dinyatakan lulus dan memperoleh gelar dari Universitas negeri Medan apabila memenuhi ketentuan yang berlaku di Universitas Negeri Medan sebagaimana yang diberlakukan pada program Regular. Predikat kelulusan setelah menyelesaikan program pendidikan pada Program Bilingual FMIPA Unimed sesuai dengan predikat kelulusan Program Reguler. Ijazah dan transkrip nilai lulusan Program bilingual FMIPA Unimed dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Program S1 Billingual FMIPA Unimed menyelenggarakan pendidikan Strata Satu (S1) dalam bidang (1) Pendidikan Matematika, (2) Pendidikan Fisika, (3) Pendidikan kimia, dan (4) Pendidikan Biologi.         

Calon mahasiswa program bilingual FMIPA Unimed adalah lulusan SLTA/Sederajat maksimal 2 tahunterakhir. Calon mahasiswa Program Bilingual FMIPA Unimed harus lulus test khusus yang dilakukan oleh Unimed dan memiliki prediksi TOEFL minimal 400. Rekrutmen calon mahasiswa Program Bilingual FMIPA Unimed dilakukan melalui seleksi calon mahasiswa yang berlaku di Unimed, yaitu melalui jalur SNMPTN, dan SLMPTN, dan ditambah dengan test khusus (tes TOEFL) dan test ketrampilan (wawancara).


DATA AKREDITASI

Prodi/Fakultas
Action

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Back to Top