PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

SEKILAS SEJARAH

Sejarah keberadaan Program Studi Fisika  FMIPA UNIMED diawali dengan lahirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PKK RI. No 85254 tanggal 22 Agustus 1957 menjadi salah satu Fakultas pada Universitas Sumatera Utara (USU). Kemudian pada tanggal 23 Juni 1963, FKIP USU diubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta cabang Medan. Perubahan FKIP USU menjadi FKIP Jakarta cabang Medan, terjadi pula reorganisasi pada fakultas. Jurusan-jurusan dikelompokkan sesuai bidang ilmu dan mematangkannya menjadi IKIP yang berdiri sendiri. Dari 4 fakultas yang terbentuk salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Eksakta (FKIE). Fakultas ini mengasuh lima jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti, Ilmu Kimia, Ilmu Hayat, Ilmu Alam, dan Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 1965 IKIP Jakarta cabang Medan berubah menjadi IKIP Medan, berlokasi di Jl. Mebau 38 A. Pada tahun 1983 FKIE berubah nama menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Medan, mengasuh 4 jurusan yaitu: pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan kimia, dan pendidikan biologi. Tahun 1985 lokasi kampus FPMIPA IKIP Medan dipindahkan ke Jalan Willem Iskandar Psr V Medan Estate, yaitu lokasi UNIMED yang sekarang.

Selanjutnya pada tanggal 26 Januari 2000 secara resmi IKIP Medan mengalami perubahan kelembagaan menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) melalui SK Presiden No 124 tahun 1999, tgl 7 Oktober 1999. Perubahan ini, bahwa UNIMED mendapat ijin (perluasan mandat) untuk menyelenggarakan program-program nonkependidikan.  Perubahan IKIP Medan menjadi UNIMED pada dasarnya merupakan usaha peningkatan mutu lulusan yang dipandang perlu untuk menjawab tantangan pembangunan di segala bidang, terutama mempersiapkan calon guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki kompetensi handal. Perubahan penyelenggaraan pendidikan dari kelembagaan IKIP sebagai LPTK menjadi Universitas diasumsikan akan mempunyai nilai yang lebih menguntungkan dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas. Perubahan di tingkat kelembagaan IKIP Medan menjadi Universitas Negeri Medan, disusul dengan perubahan di tingkat fakultas dan jurusan. FPMIPA berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Demikian juga terjadi perubahan jurusan, yaitu: Jurusan pendidikan Matematika berubah menjadi Jurusan Matematika, Jurusan Pendidikan Fisika berubah menjadi Jurusan Fisika, Jurusan Pendidikan Kimia menjadi Jurusan Kimia, dan Jurusan Pendidikan Biologi menjadi Jurusan Biologi berdasarkan Surat keputusan Rektor Universitas Negeri Medan No. 068/J39.KEP/KP.00.13/2004 tanggal 20 Februari 2004. Dengan demikian, saat ini FMIPA UNIMED telah mengasuh delapan Program Studi, yaitu Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Matematika, Program Studi Fisika, Program Studi Kimia, Program Studi Biologi. Pada saat ini Prodi Pendidikan Fisika terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai SK nomor 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 dengan masa berlaku 13 Mei 2016.

VISI

Program studi yang unggul dalam Pendidikan Fisika secara Nasional

MISI
  1. Melaksanakan pendidikan fisika dalam bidang kependidikan yang bermutu.
  2. Melaksanakan penelitian pendidikan yang bermutu..
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat berkaitan dengan pendidikan fisika
  4. Menyelenggarakan layanan praktikum bermutu di laboratorium fisika.
  5. Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif di Prodi Pendidikan Fisika
TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional dalam bidang pendidikan fisika.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat membuat karya ilmiah yang  bermutu dalam bidang pendidikan fisika.
  3. Menghasilkan penelitian yang bermutu dan dapat dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat dalam bidang pendidikan fisika.
SASARAN
  1. Dihasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional untuk pendidikan formal, non-formal, dan in-formal sesuai dengan kebutuhan stakeholder Dihasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan stakeholder non-kependidikan
  2. Dihasilkan lulusan memiliki kompetensi profesional yang  inovatif dan kreatif Lulusan memiliki budaya kerja keras, tangguh, jujur, koperatif, santun, dan kompetitif
  3. Dihasilkan lulusan memiliki budaya kerja keras, tangguh, jujur, koperatif, santun, dan kompetitif.
  4. Dihasilkan lulusan memiliki kemampuan berkomunikasi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan sains dan teknologi
  5. Terselenggaranya pendidikan yang berkualitas, efisien, dan efektif sesuai standar nasional pendidikan (SNP) dan azas GUG
  6. Dihasilkan penelitian dan pengabdian yang berguna untuk solusi permasalahan stakeholder
  7. Dihasilkan publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional.
  8. Terselenggara program studi unggulan sesuai kebutuhan masyarakat, pembangunan nasional,  target MDGs untuk meningkatkan harkat, martabat, dan daya saing bangsa di tingkat global.
  9. Terselenggaranya kerjasama institusional yang berkualitas untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  10. Dihasilkan prototipe, model, dan sistem untuk solusi permasalahan pendidikan.
  11. Dihasilkan karya teknologi, serta produk inovatif yang dibutuhkan oleh stakeholder untuk meningkatkan peran dan layanan Unimed dalam bidang sosial, budaya, pariwisata, industri, dan pertumbuhan ekonomi bagi kabupaten/kota serta tingkat nasional.
STRATEGI PENCAPAIAN
  1. Implementasi Pembelajaran Bermutu
  2. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Penguasaan IT/ICT dan Bahasa Inggris
  3. Pengembangan Mutu dan Program Pendidikan Berbasis Penelitian




Back to Top