Perdalam Wawasan IT Mahasiswa ILKOM, FMIPA Unimed Hadirkan Pakar IT Senior dari Jerman.

MEDAN (Unimed) – Era digital telah mendorong dunia ke arah revolusi Industri 4.0 yang ditandai oleh hadirnya terobsan teknologi baru seperti article inteligance, teknologi Big Data, blockhain dan lainnya.  Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) Unimed dalam mempersiapkan mahasiswa baru prodi Ilmu Komputer menerapkan teknologi Big Data menyongsong era Revolusi Industri 4.0. menyelenggarakan kegiatan kuliah umum Internasional dengan tema “ data warehousing and data mining : concepts and aplication” yang dilaksanakan di Aula A lantai III gedung Prof. Dr. Syawal Gultom pada tanggal 25 September 2018.

Kuliah Umum Internasional yang dilaksanakn oleh Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Unimed mendatangkan narasumber dari Jerman Mr. Klaus Subtil yang merupakan Pakar IT Senior. Kuliah Umum juga turut dihadiri oleh Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Dekan III FMIPA, Kajur, Kaprodi, serta dosen di lingkungan FMIPA dan puluhan mahasiswa Ilkom FMIPA.

“kuliah umum ini merupakan yang pertama kalinya di adakan oleh prodi ilkom, pada kuliah umum ini kita menghadirkan pakar IT Mr. Klaus Subtil dari Jerman. Kegiatan ini sangatlah tepat kita laksanakan agar dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk lebih mengembangkan skill, menggali kretifitas dan melatih kemampuan agar dapat menjadi lulusan yang menguasi teknologi Big Data sehingga dapat bersaing di era Revolusi Indsutri 4.0.,” ujar Dr. Hermawan Syahputra,S.Si,M.Si selaku ketua prodi Ilkom FMIPA ketika membuka acara.

Dekan FMIPA Dr. Martina dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang membanggakan karena kegiatan ini pertama kalinya digelar oleh prodi ilkom. “Kami cukup bangga kepada prodi ilkom karena sudah bisa mengadakan kegiatan kuliah umum internasional bersama Mr. Klaus Subtil yang merupakan pakar IT dari Jerman. Dengan harapan agar aktivitas perkuliahan di prodi ilkom dapat memberikan pengetahuan yang mendalam di bidang IT,” ungkapnya.

Mr. Klaus Subtil dalam paparannya menjelaskan mengenai kegunaan Teknologi Informasi atau IT. Klaus berkata bahwa  IT sudah digunakan sejak tahun 1960 sebagai suatu sistem yang membantu pembuat keputusan yang efektif di korporasi.  Dalam pengambilan keputusan korporasi muncul sebuah masalah yaitu munculnya banyak data. Untuk menyelesaikan masalah tersebut IT menyediakan solusi yaitu data warehouse.”Data warehouse merupakan database data-data yang beorientasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu, serta merupakan koleksi tetap (non-volatile), yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan,” jelas Klaus.

Klaus juga menambahkan bahwa sebagai Pengguna Data Warehouse yang menginnginkan pengaksesan dan analisa data secara cepat dan dapat mengidentifikasi korelasi antara data yang telah menumpuk. Maka digunakan teknik data mining untuk menggali pengetahuan dan informasi baru dari data yang berjumlah banyak pada data warehouse, dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence), statistik dan matematika. Data mining merupakan teknologi yang dapat menjembatani komunikasi antara data dan user.

Selain Kuliah Umum oleh Mr. Kalus Subtil, Prodi Ilkom FMIPA Unimed juga melakukan MoA dengan Prodi Ilkom Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penandatanganan MoA dilakukan oleh Ketua Prodi ILKOM Unimed  Dr. Hermawan Syahputra,S.Si,M.Si  dengan Ketua Prodi ILKOM UINSU Dr. Mohammad Furqan Amal, M.Comp.Sc. Penandatanganan dilakukan . Dengan harapan agar aktivitas perkuliahan di prodi ILKOM FMIPA Unimed dapat memberikan pengetahuan yang mendalam mengenai IT dengan pemanfaatan teknologi Big Data menyongsong era Revolusi Industri 4.0. (Humas Unimed)