Dosen Unimed Latih Guru Fisika Gunakan Aplikasi ALGODOO

MEDAN – Dosen Unimed menggelar pelatihan aplikasi ALGODOO sebagai media pembelajaran fisika bagi guru-guru yang tergabung dalam MGMP di Kabupaten Deli Serdang. Hadir guru fisika 39 orang dan dilaksanakan di Aula SMAN 2 Deli Serdang pada senin (3/12/2018).

Aplikasi Algodoo merupakan aplikasi unik berbasis 2D terbaru terbitan ALgoryx Simulation AB yang difungsikan sebagai media pembelajaran materi-materi fisika khususnya pada materi newtonian. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Agus Sinaga, S.Pd, S.ST, MAP selaku kepala cabang dinas pendidikan Lubuk Pakam, turut hadir kepala sekolah SMAN 2 Deli Serdang.

“Tujuan pelatihan ini yakni untuk memberikan bekal dan wawasan menganai aplikasi Algodoo sebagai media pembelajaran fisika yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas. Melalui pelatihan ini kita berharap guru-guru fisika yang tergabung dalam MGMP ini dapat lebih kreatif dan terampil dalam merancang media pembelajaran yang mampu membangkitkan semangat belajar para siswa. Untuk saat ini media pembelajaran berbasis IT itu merupakan suatu keharusan, dalam menyahuti perkembangan zaman” ujar ketua pelaksana, Winsyahputra Ritonga. M.Si.

Agus Sinaga, MAP dalam sambutannya berharap kerjasama peningkatakan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen-dosen Unimed melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Deli Serdang tak hanya berhenti di sini. Kami sangat berharap akan ada bentuk pelatihan-pelatihan atau pendampingan bagi guru-guru di Deli Serdang dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan menggairahkan belajar siswa. Unimed merupakan PTN yang memiliki kualitas sangat baik dalam hal pendidikan, karena Unimed terus menghasilkan guru-guru profesional. Pelatihan dan pendampingan guru-guru sampai kapanpun sangat diharapkan, karena pengetahuan dan skill guru-guru harus terus di kembangkan agar dapat menyesuaikan dengan kebijakan dan perkembangan yang baru.

Kepala Sekolah SMAN 2 Deli Serdang Drs. Ramlan, M.Pd. usai pembukaan juga mengatakan “saya merasa bangga dengan Unimed yang sampai sekarang masih terus aktif untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru mengenai metode dan media pembelajaran baru demi meningkatnya kualitas pendidikan kita di Sumatera Utara khusunya di kabupaten Deli Serdang. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Unimed yang telah memilih SMAN 2 DS menjadi tempat pelatihan guru-guru ini. Kita berharap pelatihan ini bermanfaat baik bagi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun media pembelajaran.

Risma Dewi Depari, S.Pd. sebagai salah seorang guru fisika yang mengikuti pelatihan mengatakan saya merasa aplikasi ini sangat berbeda dibandingkan aplikasi yang pernah saya gunakan sebelumnya di kelas. Selain lebih interaktif, aplikasi ini juga sangat mudah saya gunakan. Pastinya aplikasi ini akan mempermudah guru dan siswa dalam memahami materi-materi fisika dalam pembelajaran di kelas. Terima kasih kami ucapkan kepada dosen-dosen Unimed yang telah memberikan pelatihan ini.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung dengan seru dan lancer, ini dibuktikan dengan tingginya antusias guru-guru MGMP Deli Serdang untuk bertanya agar mampu menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran. (Humas Unimed).