Peran Organisasi dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Mahasiwa

Ratusan mahasiswa baru FMIPA mengikuti Seminar “ Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa di FMIPA Tahun 2019” yang dilaksanakan di Aula Gd. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. FMIPA Unimed (23/9).

Pada Seminar tersebut menghadirkan 4 narasumber diantaranya Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si, Kajur Biologi Dr. Hasrudin, M.Pd, Wakil Dekan III Drs. Mhd. Yusuf Nasution, M.Si, Dosen Fisika Dr. Alkahfi M Siregar, M.Si juga turut dihadiri kajur, kaprodi dan dosen-dosen di lingkungan FMIPA.

Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si, menyampaikan pada pembukaan acara seminar “Kepemimpinan Organisasi mahasiswa memiliki 6 misi pokok yaitu: Menjembatani aspirasi mahasiswa terkait dengan kelancaran proses belajar mengajar, mengembangkan dan membantu program minat dan bakat mahasiswa, mengembangkan karakter dan kapasitas diri mahsiswa, menciptakan suasana yang kondusif dan produktif kampus, menjalankan peran serta dalam memecahkan persoalan masyarakat, memelihara sarana dan prasarana dikampus.

Kajur Biologi Dr. Hasrudin, M.Pd, menyampaikan Pemimpin adalah kemampuan menggerakkan orang lain dengan potensi yang berbeda – beda untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan pada hakikatnya adalah Upaya menggerakkan dan mengarahkan orang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Gerakan itu harus efektif dan berlangsung lama dan memperoleh hasil maksimal, Olek karena itu memerlukan suasana Kecintaan, iklas, kesadaran, kegiatan profesional, petunjuk dari Tuhan yang maha kuasa dan kesadaran sejarah.

Dr. Alkahfi M Siregar, M.Si menyampaikan Tujuan organisasi Mahasiswa merupakan sebuah alur dalam pembelajaran diri dan wadah pendewasaan. Selain berfungsi sebagai pembelajaran diri, organisasi mahasiswa merupakan wahana bagi mahasiswa berempati dengan situasi yang terjadi di masyarakat.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah Meningkatkan wawasan Mahasiswa dalam memimpin organisasi kemahasiswaan dan kepastian serta melihat permasalahan yang dihadapi bangsa dan Negara.(Humas Unimed/ms)