Prodi Pend. Matematika FMIPA UNIMED Gelar Seminar Nasional Online Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Unimed melaksanakan Seminar Nasional Matematika Online (Webinar Pendidikan Matematika) dengan mengangkat tema “Penelitian dan Publikasi Ilmiah” pada Rabu, (29/7). Menghadirkan narasumber Dr. Hutkemri (Dapartment of Mathematics and Science Education Universitty of Malaya), Mangaratua M. Simanjorang, M.Pd.,Ph.D ( Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan) dengan Moderator Budi H.Siregar, S.Pd.,M.Sc (Dosen FMIPA Universitas Negeri Medan)

Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. mengatakan Kegiatan ini akan banyak mendapatkan informasi berkaitan dengan tema “Webinar Penelitian dan Publikasi Ilmiah” berharap setelah kegiatan ini Dosen – dosen di jurusan Matematika dapat mempublikasikan artikel hasil penelitianya dan para narasumber akan dapat memfasilitasi agar bisa dipublikasi. Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi dosen, guru maupun pendidik yang mengampu bidang studi matematika.”

Dalam paparannya, Dr. Hutkemri mengatakan, “Di dalam penelitian dalam membuat artikel bagian- bagian yang penting dalam penulisan yaitu : Introduction, Literature review, Method, result, dicusion, limitation, conclusion, acknowledgements, declaration of cofling of confliting interests, references. Sarannya pilih jurnal yang sesuai dengan penelitian yang dijalankan dengan cara download contoh artikel yang pernah ditertibkan dan pahami cara penulisan mengikut format yang telah ditetapkan ( Auto Guideline) serta Proofreed ( Edit bahasa and grammar).

Mangaratua M. Simanjorang, M.Pd.,Ph.D mengatakan “ Menanggapi trend penelitian adalah sebuah metafora yang menjadikan trend berubah, akan tetapi tetap menguasai basic dan konsep, dan juga memiliki pemikiran yang kritis dan kreatif serta teteap menerapkan basic,”.

Lanjut Mangaratua, “Beberapa perbandingan dalam Masalah Pembelajaran Online adalah Apakah belajar online lebih efektif dari kelas tatap muka, masalah apa yang dominan muncul dari penerapan belajar online, bagaimana pengalaman belajar online siswa –siswi didaerah pesisir dan bagaimana cara berkembang sebagai guru dalam proses belajar yang mengintegrasikan nilai etis dalam pembelajaran online”. (Humas Unimed/ms).