FMIPA UNIMED Dorong Mahasiswa untuk Menjadi Technopreuner

 

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa Unggul yang Mandiri dan Berjiwa Technopreuner dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Menyongsong Society 5.0.”. Yang diselanggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (19/01).

Pada kuliah umum ini menghadirkan narasumber yaitu Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si., sekaligus pembuka acara. Narasumber kedua, Ikhwan Ruslianto, S.Kom, M.Cs. (Dosen Prodi Rekayasa Sistem Komputer, FMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak). dan dihadiri Dekan FMIPA UNTAN Afghani Jayuska, S.Si., M.Si. Dan dihadiri juga Wakil-wakil Dekan FMIPA, Kajur, Kaprodi dan Dosen dilingkungan Jurusan Matematika FMIPA beserta 230 peserta.

Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si., menyampaikan pada pembukaan acara, “Kita ketahui bersama bahwa Teknologi dan kewirausahaan berpadu menjadi technopreneur. Oleh karena itu kita sebagai lembaga yang mencetak lulusan, telah menyiapkan diri dalam menyongsong RI 4,0 ini dengan senantiasa melakukan Up dating Kurikulum, mensosialisasikannya, dan mengimplementasikannya.”

“Prodi-prodi khusunya di FMIPA mempunyai peluang untuk mengembangkan dan menjawab tantangan RI 4.0 melalui implementasi penelitian, pengabdian dosen yang mengharuskan keterlibatan mahasiswa.  Mahasiswa akan mendapatkan informasi lebih dalam dari nara sumber nantinya, dan dapat mengembangkannya menjadi produk2 inovasi, PKM, perlombaan ilmiah, dapat mendesain web, membuat aplikasi tertentu yang berbasis IT dll.  Kuliah Umum ini akan memberi kesempatan besar kepada mahasiswa khususnya mhs FMIPA kita untuk mendapat ilmu, informasi, peluang, tantangan pengembangan bisnis tecnopreneur. Kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi MBKM. Yang insya Allah akan dibuat Payungnya melalui Mou antara FMIPA Unimed dengan FMIPA UNTAN. Karena PK nya hari  ini sudah kita kerjakan”, lanjut Prof. Fauziyah

Dekan FMIPA UNTAN Afghani Jayuska, S.Si., M.Si., menyampaikan terimakasih dan apresiasi, “Kita sangat bertetimakasih kepada FMIPA Unimed yang telah mengundang salah seorang staf kita sebagai narasumber pada Kuliah Umum ini, denga apa yang kita laksanakan ini suatu bentuk inovasi dengan adanya merdeka belajar menjadikan suatu fasilitas buat kita. Bersih harapan kegiatan ini bukan pertama dan terakhir kita laksanakan tapi akan terus berlanjut dan makin memberi manfaat kepada seluruh komponen baik bagi pemateri, bagi dosen maupun mahasiswa seiring dengan tuntutan kampus merdeka.

Ikhwan Ruslianto, S.Kom, M.Cs. pada paparan nya menyampikan tentang rencana untuk menjalankan bisnis yang bersifat technopreuner, “Awalnya melihat yang menjadi masalah dilingkungan sekitar, lalu melakukan pengamatan atau observasi pada peluang pasar dan menggali hasil riset atau kajian yang sudah dilakukan. Mulai membuat gambaran atau rancangan bisnis yang akan dijalankan dan lakukan pitching atau persentasi ide ke orang ornag terdekat untuk melihat respon sehingga bisa memulai membangun bisnis dari level start-up sampai grow-up”.(Humas Unimed/bg).