Kuliah Umum Biologi Seri-2 Hadirkan Pakar Biologi ITB

Kuliah Umum Biologi Seri-2 Hadirkan Pakar Biologi ITB

Jurusan Biologi FMIPA Unimed kembali melaksanakan kuliah umum biologi seri-2 secara daring yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Februari 2021. Kegiatan ini merupakan kuliah umum rutin yang dilaksanakan satu kali setiap bulan. Kuliah Umum ini dilaksanakan dengan menghadirkan pakar-pakar bidang biologi sebagai upaya memberikan pengetahuan, wawasan dan skill bagi dosen, mahasiswa, dan praktisi biologi.

Kegiatan ini juga menjadi bentuk peran aktif dalam mengembangkan ilmu biologi secara nasional. Pada Kuliah umum mengangkat topik “Teknologi Reproduksi dan Perkembangan Hewan” dengan menghadirkan pakar biologi nasional dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB, Sony Heru Sumarsono, Ph.D dan Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Si., MSc (Dosen Biologi FMIPA UNIMED yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik).

Dalam pembukaan, Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si mengapresiasi dan mendorong Jurusan Biologi untuk secara konsisten menyelenggarakan kuliah umum secara rutin sebagai sarana penguatan pemahaman dan wawasan keilmuan pada bidang biologi. “Kita berharap jurusan biologi dapat menjadi penggerak dalam melahirkan aktivitas-aktivitas akademik yang mampu memberi pencerahan bagi ilmuwan dibidang yang kita geluti. Jika kita bisa melakukan gerakan terbaik, pasti akan melahirkan manfaat bagi masyarakat,” tutup Dekan FMIPA.

Sony Heru Sumarsono, Ph.D dalam paparannya menyampaikan tentang kelainan perkembangan teknologi dan faktor-faktor penyebabnya. Sebagai pembicara kedua, Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Si, Guru besar Jurusan Biologi FMIPA Unimed menyajikan materi tentang perkembangan janin dan bayi kembar yang dipaparkan secara ilmiah dalam kajian biologi.

Kegiatan kuliah umum Jurusan Biologi kali ini diikuti oleh 463 dari berbagai institusi diantaranya Universitas Negeri Medan, Universitas Andalas, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Palangka Raya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas HKBP Nomensen, UIN Sumatera Utara, IAIN Batu Sangkar, SMA Negeri 1 Pining, SMA Negeri 1 Kualuh Leidong, Puslit Bioteknologi LIPI, Bappedalitbang Provinsi Riau, IAIN Jember, STIKES Widya Husada, SMA N 1 Pollung, SMAN 1 Mandrehe, SMA NEGERI 1 Sijamapolang, SMP negeri 1 Lembah Sorik Marapi, SMAN 3 Medan, Universitas Medan Area, Universitas Kristen Satya Wacana.

Atas suksesnya penyelenggaraan kuliah umum ke-2, Ketua Jurusan Biologi Dr. Hasruddin, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan berharap penyelenggaraan berikutnya dapat Kembali menghadirkan topik yang menarik dan narasumber ahli dibidangnya.(Humas Unimed/zr)