FMIPA Universitas Negeri Medan melaksanakan kegiatan Sosialisasi LSP Unimed Sebagai Wadah Sertifikasi Kompetensi Kerja 2022 Pada Rabu (23/02) secara daring melalui aplikasi Zoom dengan menghadirkan narasumber dari Ketua LSP Unimed Drs. Hidir Efendi M.Pd dan dihadiri oleh Dekan Fmipa Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si., Wakil Dekan Wakil Dekan I Dr. Jamalum Purba, M.Si., Wakil Dekan II Dr. Ani Sutiani, M.Si., Wakil Dekan III Dr. Rahmatsyah, M.Si., seluruh Ketua Prodi, dan para Dosen di Lingkungan FMIPA Unimed.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan banyak harapan Fmipa yang telah dirancang dengan LSP Unimed agar mahasiswa kita sudah harus punya surat pendamping ijazah atau sertifikat kompetensi. Harapan kami mudah-mudahan semua dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang kita rancang dan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa kita sehingga ketika mereka lulus mereka dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Dalam paparannya Drs. Hidir Efendi, M.Pd menjelaskan sertifikasi kompetensi adalah piagam atau kartu yang berisi bukti atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu. Kemudian sertifikat tersebut diberikan oleh lembaga yang berwenang di bidang terkait, seperti organisasi profesi atau LSP. Sebagian sertifikat ini hanya berlaku untuk periode tertentu, sedangkan sebagian lain bisa diperbarui tanpa batas waktu selama persyaratannya terpenuhi dan sertifikat kompetensi berlaku di berbagai bidang, seperti bisnis, teknologi, kesehatan dll.