Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Metaverse Sebagai Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran kepada seluruh Dosen di lingkungan FMIPA Unimed. Kegiatan sosialisasi  yang dihadiri oleh Dekanat FMIPA Unimed, dan seluruh fungsionaris FMIPA Unimed yang dilaksanakan pada Senin 30 Mei 2022 secara daring melalui aplikasi Zoom dengan narasumber Didi Febrian, S.Si.,M.Sc (Dosen Matematika) dan Dr. Eng. Mansur AS, S.Kom.,M.T (Dosen Ilmu Komputer).

Dekan FMIPA, Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa setiap dosen harus lebih adaptif terhadap perubahan ada. Pada era Revolusi Industri 4.0 dimana terjadinya perkembangan teknologi yang sangat cepat maka setiap dosen harus siap melakukan penyesuaian dalam pemanfaatan media pembelajaran yang relavan, khususnya bagi generasi milenial. Perkuliahan yang awalnya dilakukan secara bleanded learning, dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksa perkuliahan dilakukan secara daring. Akan tetapi pembelajaran yang dilakukan masih “monoton” dan interaksi antara sesama mahasiswa dan dosen belum optimal, hanya saja metode pembelajarannya saja yang berganti dari luring menjadi daring. Oleh sebab itu, FMIPA Unimed mencoba melakukan inovasi pengembangan pembelajaran melalui metaverse, teknologi yang sedang trend saat ini. Sebagai langkah awal, dosen dan mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA Unimed membangun metaverse gedung Dekanat sekaligus Tata Usaha FMIPA Unimed dan segera akan di hak paten-kan.  Selanjutnya akan dilakukan pelatihan kepada beberapa perwakilan dosen masing-masing jurusan di FMIPA Unimed.

Dalam pemaparannya, Didi Febrian, S.Si.,M.Sc menjelaskan bahwa metaverse yang merupakan gabungan antara aspek virtual reality, augmanted reality, media sosial dan mata uang kripto memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan. Untuk berlatih dan mempraktikan aktivitas yang berbahaya, melakukan sesuatu yang mustahil, mempelajari sejarah secara virtual dengan pengalaman yang riil, media pembelajaran melalui metaverse dapat menjadi solusi.

Selanjutnya Dr. Eng. Mansur AS, S.Kom.,M.T selaku koordinator perancangan metaverse di FMIPA Unimed melakukan simulasi penggunaan metaverse. Para peserta sosialisasi dapat menikmati gedung FMIPA Unimed di metaverse secara daring. Pada kesempatan ini juga diberikan simulasi beberapa media pembelajaran dan peluang pengembangannya. Hal ini memberikan antusiasme yang tinggi kepada peserta sosialisasi.