FMIPA Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan Seminar Nasional dengan Tema “Webbinar Nasional Wujudkan Kreatifitas MABA 2022” yang diadakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting pada sabtu (3/9/2022).

Pada seminar ini mengundang 4 orang narasumber  mahasiswa terbaik di Indonesia yang  berpengalaman yaitu Vebrina Adnin (Peraih Medali Perak PKM-PI Pimnas 33(Unimed)), (Fiqey Indriati E.S (Peraih Medali Emas PKM-KC PIMNAS 34 & Medali Perunggu Poster PIMNAS 33(ITS)), A.Apriliiqa Megumi A.L (Peraih 2 Medali Emas PKM-RE PIMNAS 34(UNHAS)), Bunga Almia G.G.S.P(Peraih Medali Emas PKM-KPIMNAS 34 & Medali Perunggu PKM-PM PIMNAS 33 (UM))

Acara seminar ini dibuka oleh Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dan dihadiri oleh Wakil Dekan, seluruh fungsionaris dan 1808  mahasiswa baru angkatan 2022 yang terdiri dari 37 perguruan tinggi di wilayah Indonesia.

Dekan FMIPA Unimed, Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si menyampaikan “Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan yang penting  dan akan memberikan Ilmu , strategi dan trik untuk mahasiswa baru dari para narasumber. Jadi prioritaskan perkuliahan, nomor satukan PKM, unggulkan kegiatan – kegiatan lain, semuanya harus dijalankan secara simultan. Oleh karena itu kita FMIPA Unimed mempunyai tanggung jawab besar membekali kalian untuk bisa hidup 10, 20 tahun yang akan datang dengan tantangan baru. Karena itu kalian harus berpikir menjawab tantangan masa depan yang belum tau apa persoalan yang akan dihadapi  namun mulai hari ini harus sudah perkuat diri, persiapkan diri menjadi orang yang bisa bekerja untuk masa depan yang belum tau apa yang akan dikerjakan”.

Lanjutnya, “Mulai hari ini orang – orang yang bisa bekerja melihat masa depan yang belum tentu kalian akan lihat apa yang akan dikerjakan namun integritas itu sudah ada pada diri masing-masing. Komunikasi sangat penting, koperatif dalam berkomunikasi sangat dianjurkan, oleh karena itu hari ini tidak bisa lagi berbicara satu persatu orang . FMIPA Unimed sudah membuktikan bahwa hari ini harus mendengarkan apa saja yang bisa di wujudkan mahasiswa baru 2022 dari berbagai Universitas telah bergabung kita harapkan kita bisa mendapatkan materi materi- materi, trik dan stragi dalam menyusun PKM dan bisa di danai dan terseleksi masuk ke PIMNAS. karena di level PIMNAS salah satu ajang yang bergengsi bagi mahasiswa untuk bisa tampil di tingkat nasional. Harapan itu tentunya dari berbagai Universitas kepada Mahasiswa baru. Negeri ini akan dititipkan untuk masa yang akan datang. Terimakasih banyak kami ucapkan kepada para narasumber, moderator, panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar”.

Dalam Paparanya Vebrina Adnin menyampaikan bahwa Tips lolos Pendanaan PKM itu ada empat yaitu Taat pada aturan, Solusi yang ditawarkan tepat, memiliki nilai tanbahan mitra dan memiliki potensi berkelanjutan, Sedangkan untuk Kiat sukses di Pimnas mempunyai 5 cara yaitu Kerjasama tim, Mengerjakan luaran dengan serius, mengisi logbook, memahami apa yang dikerjakan dan mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik.

A. Apriliiqa Megumi A.L dalam paparannya mengatakan bahwa PKM-Riset Eksakta adalah wadah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkreasi dan menghasilkan karya kreatif dan Inovatif dalam penelitian dan juga diharapkan mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan maupun isu terkini.