Universitas Negeri Medan resmi membuka program studi baru S-1 Statistika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024, berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi nomor 704/E/O/2022 tentang izin pembukaan program studi baru program Sarjana di Universitas Negeri Medan.

Prodi statistika nantinya berada dibawah naungan jurusan matematika karena pada dasarnya statistika adalah cabang dari jurusan matematika. Statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengolahan data, menganalisis data dan menyajikan data ke dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa dijadikan sebuah informasi untuk banyak orang.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. mengatakan “Di era Revolusi Industri 4.0, sistem informasi banyak membutuhkan ahli statistika. Untuk menjawab tantangan tersebut, FMIPA Unimed mengajukan prodi baru, sehingga sesuai dengan kebutuhan jaman. Alhamdulillah, setelah beberapa lama kita ajukan, tahun ini telah disetujui oleh Kemdikbudristek. Terimakasih kepada pimpinan Unimed yang telah membantu dan memberikan dukungan kepada kami sehingga program studi baru, bersama-sama dalam memajukan kampus kebanggaan kita.”

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, S.KM., M.Kes. memberikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika FMIPA Unimed dibawah pimpinan Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. Selain membuka prodi baru, FMIPA Unimed terus melakukan terobosan-terobosan dalam mendukung Unimed menuju PTN BH. “Kita juga akan terus mendorong Fakultas lainnya untuk mengusulkan prodi baru yang relevan dengan kebutuhan pasar dan dunia kerja. Dengan kualitas dan potensi SDM dosen, Unimed pasti bisa terus berkembang dan maju. Semoga pembukaan Prodi S1 Statistika ini dapat menjawab kebutuhan pasar kerja/dunia kerja, serta memberikan kemudahan bagi warga Sumatera Utara dan seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki minat ilmu statistika,” ungkap Rektor Unimed.