PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA


VISI :

Menjadi pusat inovasi pendidikan matematika yang unggul di tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional pada tahun 2020.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang bermutu dan bernuansa link and match dengan kebutuhan masyarakat sekolah.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan matematika yang inovatif dan aplikatif.
  3. Menyelanggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemetaan kebutuhan dan permasalahan pendidikan matematika di sekolah.
  4. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif di lingkungan Program Studi Pendidikan Matematika.
  5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan berbagai instansi di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional.
TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter, dan profesional dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan matematika yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memecahkan masalah pendidikan matematika.
  3. Menerapkan hasil penelitian pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan matematika yang dilandasi tanggung jawab terhadap mutu pendidikan matematika.
  4. Terciptanya atmosfer akademik yang kondusif sebagai jaminan bagi terselenggaranya layanan pendidikan matematika yang bermutu.
  5. Menghasilkan berbagai kesepakatan kerjasama secara berkelanjutan dengan berbagai instansi di tingkat lokal, regional, dan internasional.


PROGRAM STUDI NON PENDIDIKAN MATEMATIKA


VISI DAN MISI

Visi :

Menjadi program studi yang unggul di Sumatera Utara dalam pengembangan matematika terapan yang berhubungan dengan teknologi

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas
  2. Mengembangkan penelitian dan pengkajian penerapan matematika dalam teknologi
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengkajian penerapan matematika dalam bidang teknologi melalui pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan , pemerintah dan di dunia usaha di tingkat daerah dan nasional.


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

SEKILAS SEJARAH

Sejarah keberadaan Program Studi Fisika  FMIPA UNIMED diawali dengan lahirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PKK RI. No 85254 tanggal 22 Agustus 1957 menjadi salah satu Fakultas pada Universitas Sumatera Utara (USU). Kemudian pada tanggal 23 Juni 1963, FKIP USU diubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta cabang Medan. Perubahan FKIP USU menjadi FKIP Jakarta cabang Medan, terjadi pula reorganisasi pada fakultas. Jurusan-jurusan dikelompokkan sesuai bidang ilmu dan mematangkannya menjadi IKIP yang berdiri sendiri. Dari 4 fakultas yang terbentuk salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Eksakta (FKIE). Fakultas ini mengasuh lima jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti, Ilmu Kimia, Ilmu Hayat, Ilmu Alam, dan Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 1965 IKIP Jakarta cabang Medan berubah menjadi IKIP Medan, berlokasi di Jl. Mebau 38 A. Pada tahun 1983 FKIE berubah nama menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Medan, mengasuh 4 jurusan yaitu: pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan kimia, dan pendidikan biologi. Tahun 1985 lokasi kampus FPMIPA IKIP Medan dipindahkan ke Jalan Willem Iskandar Psr V Medan Estate, yaitu lokasi UNIMED yang sekarang.

Selanjutnya pada tanggal 26 Januari 2000 secara resmi IKIP Medan mengalami perubahan kelembagaan menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) melalui SK Presiden No 124 tahun 1999, tgl 7 Oktober 1999. Perubahan ini, bahwa UNIMED mendapat ijin (perluasan mandat) untuk menyelenggarakan program-program nonkependidikan.  Perubahan IKIP Medan menjadi UNIMED pada dasarnya merupakan usaha peningkatan mutu lulusan yang dipandang perlu untuk menjawab tantangan pembangunan di segala bidang, terutama mempersiapkan calon guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki kompetensi handal. Perubahan penyelenggaraan pendidikan dari kelembagaan IKIP sebagai LPTK menjadi Universitas diasumsikan akan mempunyai nilai yang lebih menguntungkan dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas. Perubahan di tingkat kelembagaan IKIP Medan menjadi Universitas Negeri Medan, disusul dengan perubahan di tingkat fakultas dan jurusan. FPMIPA berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Demikian juga terjadi perubahan jurusan, yaitu: Jurusan pendidikan Matematika berubah menjadi Jurusan Matematika, Jurusan Pendidikan Fisika berubah menjadi Jurusan Fisika, Jurusan Pendidikan Kimia menjadi Jurusan Kimia, dan Jurusan Pendidikan Biologi menjadi Jurusan Biologi berdasarkan Surat keputusan Rektor Universitas Negeri Medan No. 068/J39.KEP/KP.00.13/2004 tanggal 20 Februari 2004. Dengan demikian, saat ini FMIPA UNIMED telah mengasuh delapan Program Studi, yaitu Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Matematika, Program Studi Fisika, Program Studi Kimia, Program Studi Biologi. Pada saat ini Prodi Pendidikan Fisika terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai SK nomor 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 dengan masa berlaku 13 Mei 2016.

VISI

Program studi yang unggul dalam Pendidikan Fisika secara Nasional

MISI
  1. Melaksanakan pendidikan fisika dalam bidang kependidikan yang bermutu.
  2. Melaksanakan penelitian pendidikan yang bermutu..
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat berkaitan dengan pendidikan fisika
  4. Menyelenggarakan layanan praktikum bermutu di laboratorium fisika.
  5. Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif di Prodi Pendidikan Fisika
TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional dalam bidang pendidikan fisika.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat membuat karya ilmiah yang  bermutu dalam bidang pendidikan fisika.
  3. Menghasilkan penelitian yang bermutu dan dapat dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat dalam bidang pendidikan fisika.
SASARAN
  1. Dihasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional untuk pendidikan formal, non-formal, dan in-formal sesuai dengan kebutuhan stakeholder Dihasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan stakeholder non-kependidikan
  2. Dihasilkan lulusan memiliki kompetensi profesional yang  inovatif dan kreatif Lulusan memiliki budaya kerja keras, tangguh, jujur, koperatif, santun, dan kompetitif
  3. Dihasilkan lulusan memiliki budaya kerja keras, tangguh, jujur, koperatif, santun, dan kompetitif.
  4. Dihasilkan lulusan memiliki kemampuan berkomunikasi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan sains dan teknologi
  5. Terselenggaranya pendidikan yang berkualitas, efisien, dan efektif sesuai standar nasional pendidikan (SNP) dan azas GUG
  6. Dihasilkan penelitian dan pengabdian yang berguna untuk solusi permasalahan stakeholder
  7. Dihasilkan publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional.
  8. Terselenggara program studi unggulan sesuai kebutuhan masyarakat, pembangunan nasional,  target MDGs untuk meningkatkan harkat, martabat, dan daya saing bangsa di tingkat global.
  9. Terselenggaranya kerjasama institusional yang berkualitas untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  10. Dihasilkan prototipe, model, dan sistem untuk solusi permasalahan pendidikan.
  11. Dihasilkan karya teknologi, serta produk inovatif yang dibutuhkan oleh stakeholder untuk meningkatkan peran dan layanan Unimed dalam bidang sosial, budaya, pariwisata, industri, dan pertumbuhan ekonomi bagi kabupaten/kota serta tingkat nasional.
STRATEGI PENCAPAIAN
  1. Implementasi Pembelajaran Bermutu
  2. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Penguasaan IT/ICT dan Bahasa Inggris
  3. Pengembangan Mutu dan Program Pendidikan Berbasis Penelitian



PROGRAM STUDI FISIKA

SEKILAS SEJARAH

Sejarah keberadaan Program Studi Fisika  FMIPA UNIMED diawali dengan lahirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PKK RI. No 85254 tanggal 22 Agustus 1957 menjadi salah satu Fakultas pada Universitas Sumatera Utara (USU). Kemudian pada tanggal 23 Juni 1963, FKIP USU diubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta cabang Medan. Perubahan FKIP USU menjadi FKIP Jakarta cabang Medan, terjadi pula reorganisasi pada fakultas. Jurusan-jurusan dikelompokkan sesuai bidang ilmu dan mematangkannya menjadi IKIP yang berdiri sendiri. Dari 4 fakultas yang terbentuk salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Eksakta (FKIE). Fakultas ini mengasuh lima jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti, Ilmu Kimia, Ilmu Hayat, Ilmu Alam, dan Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 1965 IKIP Jakarta cabang Medan berubah menjadi IKIP Medan, berlokasi di Jl. Mebau 38 A. Pada tahun 1983 FKIE berubah nama menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Medan, mengasuh 4 jurusan yaitu: pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan kimia, dan pendidikan biologi. Tahun 1985 lokasi kampus FPMIPA IKIP Medan dipindahkan ke Jalan Willem Iskandar Psr V Medan Estate, yaitu lokasi UNIMED yang sekarang.

Selanjutnya pada tanggal 26 Januari 2000 secara resmi IKIP Medan mengalami perubahan kelembagaan menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) melalui SK Presiden No 124 tahun 1999, tgl 7 Oktober 1999. Perubahan ini, bahwa UNIMED mendapat ijin (perluasan mandat) untuk menyelenggarakan program-program nonkependidikan.  Perubahan IKIP Medan menjadi UNIMED pada dasarnya merupakan usaha peningkatan mutu lulusan yang dipandang perlu untuk menjawab tantangan pembangunan di segala bidang, terutama mempersiapkan calon guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki kompetensi handal. Perubahan penyelenggaraan pendidikan dari kelembagaan IKIP sebagai LPTK menjadi Universitas diasumsikan akan mempunyai nilai yang lebih menguntungkan dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas. Perubahan di tingkat kelembagaan IKIP Medan menjadi Universitas Negeri Medan, disusul dengan perubahan di tingkat fakultas dan jurusan. FPMIPA berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Demikian juga terjadi perubahan jurusan, yaitu: Jurusan pendidikan Matematika berubah menjadi Jurusan Matematika, Jurusan Pendidikan Fisika berubah menjadi Jurusan Fisika, Jurusan Pendidikan Kimia menjadi Jurusan Kimia, dan Jurusan Pendidikan Biologi menjadi Jurusan Biologi berdasarkan Surat keputusan Rektor Universitas Negeri Medan No. 068/J39.KEP/KP.00.13/2004 tanggal 20 Februari 2004. Dengan demikian, saat ini FMIPA UNIMED telah mengasuh delapan Program Studi, yaitu Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Matematika, Program Studi Fisika, Program Studi Kimia, Program Studi Biologi. Pada saat ini Prodi Fisika telah terakreditasi B sesuai SK BAN-PT nomor : 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 dengan masa berlaku sampai 28 Desember 2019.

VISI DAN MISI

Visi :

Program Studi Yang Unggul Dalam Fisika Terapan Berskala Nasional 2020

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang fisika terapan berbasis bidang keahlian ( Fisika Material, Fisika Instrumentasi, Fisika Bumi, dan Fisika Komputasi ) yang berkualitas dengan menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL)
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan fisika terapan yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat dan berperan aktif dalam pembangunan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang  fisika terapan untuk mewujudkan kesadaran masyarakat tentang berbagai dampak  pemanfaatan sumber daya alam dan mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat melalui  pendayagunaan teknologi rekayasa material.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai instansi seperti asosiasi profesi dan stakeholder yang berkonsentrasi dalam pengembangan rekayasa fisika terapan
  5. Menciptakan suasana dan budaya akademik yang kondusif bagi pengembangan wawasan civitas akademika baik internal maupun eksternal.

 

TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan ilmu fisika yang unggul dan berdaya saing dalam bidang fisika terapan di tingkat nasional sesuai dengan kebutuhan pasar.
  2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang inovatif dan berkualitas sesuai dengan perkembangan paradigma ilmu fisika yang dibutuhkan oleh stakeholders dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang inovatif untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat dalam  memanfaatkan teknologi rekayasa serta mewaspadai berbagai dampak negatif penggunaan sumber daya alam yang tidak terencana.
  4. Menghasilkan berbagai kesepakatan kerjasama dengan  instansi pemerintah, dunia usaha serta dunia industri baik dalam dan luar negeri.
  5. Terwujudnya suasana dan budaya akademik yang kondusif bagi pengembangan wawasan civitas akademika.

 

SASARAN
  1. Menghasilkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  2. Menghasilkan 80% dosen yang memiliki kualifikasi akademik S3 sesuai dengan bidang ilmu.
  3. Tercapainya 80% dosen yang  terampil dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis SCL (Student Centered Learning) dengan memanfaatkan berbagai fasilitas IT (Teknologi Informasi ).
  4. Tercapainya 85% mahasiswa yang memiliki indeks prestasi kumulatif  >3.
  5. Tercapainya 75% mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu (dalam masa 4 tahun).
  6. Tercapainya 80% hasil penelitian dosen yang berhasil meraih berbagai hibah penelitian yang didanai Dikti, Universitas, maupun lembaga lainnya baik pemerintah maupun swasta.
  7. Tercapainya 80% hasil pengabdian masyarakat yang berhasil meraih berbagai hibah pengabdian yang didanai DIKTI, Universitas, maupun instansi lainnya.
  8. Terwujudnya kerjasama di bidang Tri dharma untuk peningkatan kualitas Program studi yang bersifat akademik maupun non akademik dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta,  dalam dan luar negeri.
  9. Terwujudnya suasana akademik dengan menyelenggarakan berbagai seminar dan pelatihan di Program studi Fisika serta meningkatkan peran para dosen baik sebagai peserta maupun narasumber.
  10. Tercapainya 80% jumlah publikasi karya ilmiah dosen yang berhasil dimuat di jurnal akreditasi Dikti maupun jurnal internasional.
  11. Tercapainya 75% mahasiswa yang mampu menghasilkan karya PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang berhasil lolos seleksi dari Dikti.
STRATEGI PENCAPAIAN
  1. Melakukan tracer study untuk mengevaluasi kompetensi yang dibutuhkan pada pasar kerja.
  2. Melakukan evaluasi kurikulum secara periodik sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan pasar kerja.
  3. Melakukan pemetaan keahlian dosen sesuai dengan kebutuhan kompetensi di Program studi dengan memfasilitasi dosen untuk studi lanjut ke jenjang strata tiga (S3) dalam bidang Ilmu Fisika.
  4. Menyelenggarakan program pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal penelitian bagi para dosen untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitian yang mampu meraih hibah penelitian Dikti dan hibah dari instansi lainnya.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta, pengguna lulusan serta asosiasi profesi.
  6. Meningkatkan partisipasi dosen sebagai peserta workshop, seminar, training of trainers dan seminar  di Program studi Fisika.
  7. Menyelenggarakan ajang kreatifitas mahasiswa serta berbagai perlombaan yang terkait dengan ruang lingkup bidang Fisika terapan.
  8. Menyelenggarakan program pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal pengabdian masyarakat bagi para dosen untuk meningkatkan kualitas proposal agar mampu meraih berbagai hibah pengabdian yang didanai dikti maupun hibah dari instansi lainnya.
  9. Mengelola dan mengembangkan jurnal Program studi secara berkelanjutan serta mereview dan melakukan pembimbingan dosen untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dengan pemanfaatan sumber-sumber acuan berkualitas.
  10. Peningkatan budaya akademik dan suasana kehidupan kampus yang senantiasa dinamis dengan adanya koordinasi dan interaksi antara dosen dengan mahasiswa melalui penyelenggaraan berbagai event seperti  kegiatan pelatihan, seminar ilmiah, diskusi ilmiah khusus staf pengajar, dan kreatifitas mahasiswa, olimpiade sains, serta berbagai perlombaan yang diikuti para mahasiswa dan masyarakat.


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Pendidikan Kimia berada di bawah asuhan Jurusan Kimia dan merupakan satu program studi dari delapan program studi yang ada di FMIPA UNIMED. Program studi Pendidikan Kimia pada mulanya adalah Jurusan Pendidikan Kimia yang berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA). Dengan keluarnya SK Direktur Jenderal Pendidikan tinggi Nomor 240/Dikti/Kep/1996 tanggal 11 Juli 1996 tentang Program Studi pada Program Sarjana di lingkungan IKIP Medan, maka ditetapkan bahwa nama Program Studi yang diasuh oleh Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Medan adalah Program Studi Pendidikan Kimia, dengan ketua program studi masih dijabat langsung oleh Ketua Jurusan yaitu Drs. P.M. Silitonga, M.Si. Jurusan Pendidikan Kimia berubah nama menjadi Jurusan Kimia yang dikukuhkan dengan  SK Rektor UNIMED Nomor 068/J39.KEP/KP.00.13/2004 tanggal 20 Februari 2004, dengan Ketua Drs. P.M. Silitonga, M.Si hingga akhir tahun 2004. Program Studi pertama kali dipimpin oleh Drs. Asep Wahyu Nugraha, M.Si (2003-2011), kemudian pada tahun 2011 – sekarang dipimpin oleh Dra. Ani Sutiani, M.Si, dibawah asuhan Ketua Jurusan Kimia, Agus Kembaren, S.Si., M.Si dan Sektertaris Jurusan Drs. Jasmidi, M.Si sejak Desember 2014 – sekarang.

Saat ini Program studi Pendidikan Kimia telah terakreditasi dengan nilai B sesuai surat dari Badan Akreditasi Nasional nomor : 005/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011 yang berakhir pada bulan Juni 2016. Jumlah dosen di Prodi Pendidikan Kimia yang tergabung di Jurusan Kimia sebanyak 50 orang yang sudah terdistribusi dalam enam KDBK (kelompok Dosen Bidang Kajian) yaitu Pendidikan Kimia, Kimia Fisika, Kimia Analitik, Kimia Organik, Biokimia dan Kimia Anorganik. Prosentase dosen Prodi Pendidikan Kimia (yang merupaka dosen jurusan kimia) berpendidikan S-2 sebesar 66% (33 orang) dan S-3 sebesar 34% (17 orang) dengan 4 orang diantaranya adalah Guru Besar. Jumlah dosen yang sedang melanjutkan studi S3 sebanyak 22 orang dengan rincian 11 orang Tugas Belajar (8 orang di Dalam Negeri dan 3 orang di Luar Negeri) serta 11 orang Izin Belajar.
Proses pendidikan pada Program Studi Pendidikan Kimia bertujuan agar mahasiswa mencapai learning outcome program studi melalui proses pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan softskill sehingga mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan ruang lingkup kajian materi. Proses pendidikan dilaksanakan dalam suasana dan kultur akademik yang sehat melalui serangkaian pemberian pengalaman belajar yang mampu menumbuhkan ketaatan pada norma akademik, keteladanan, dan etos kerja. Metodologi pembelajaran mengarah pada pengetahuan, sikap dan keterampilan serta  keragaman gaya belajar mahasiswa. Model pembelajaran menitikberatkan pada penguasaan materi perkuliahan melalui pembelajaran secara aktif, kreatif, inovatif, dan berbasis kompetensi, kegiatan laboratorium, maupun ICT.

Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan selama 8 semester dengan total jumlah sebanyak 150 SKS. Setiap satu semester setara dengan 16-17 minggu kerja penyelenggaraan program yang meliputi kegiatan tatap muka terjadwal, kegiatan akademik terstruktur dan kegiatan akademik mandiri.

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Visi Prodi Pendidikan Kimia adalah “Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang pendidikan kimia di tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional”. 
Misi Prodi Pendidikan Kimia adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam rangka menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang mampu bersaing di pasar kerja di tingkat nasional dan regional.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang pendidikan kimia yang berkontribusi pada pengembangan bidang pendidikan kimia di Sekolah dan masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam bidang pendidikan kimia.
  4. Menjalin kerjasama dengan pihak Sekolah, Dinas pendidikan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan dunia pendidikan kimia serta DUDI dalam industri kimia.

Menghasilkan lulusan yang memiliki budaya kewirausahaan yang mendorong kemampuan Prodi menghasilkan income generate dengan melibatkan internal dan eksternal stakeholder.

PROFIL DAN KOMPETENSI PRODI PENDIDIKAN KIMIA

Berdasarkan Visi dan Misi program studi, maka Profil lulusan Prodi Pendidikan Kimia adalah menjadi Sarjana Pendidikan Kimia yang memiliki kemampuan sebagai pendidik, pelatih, peneliti, dan pengelola dalam penyelenggaraan Pendidikan Kimia.
Kompetensis lulusan Prodi Pendidikan Kimia yang berhasil diidentifikasi berdasarkan profil lulusan adalah :

  1. Mampu menjadi manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berkepribadian luhur dan berkarakter baik
  2. Mampu melaksanakan dan mempertanggungjawabkan tugas-tugas keprofesian dalam bidang pendidikan kimia secara akademis,  administratif, etis, dan estetis.
  3. Adaptif terhadap berbagai perkembangan dan dinamika pendidikan kimia
  4. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kimia, pedagogik, kepemimpinan, penelitian dan pengembangan, serta menerapkannya pada pengajaran kimia.
  5. Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat dan kreatif untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pendidikan kimia
  6. Mampu menganalisis kebutuhan belajar dan memanfaatkannya dalam pelaksanaan pendidikan kimia sesuai standar-standar pendidikan tingkat nasional dan internasional
  7. Mampu melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil pendidikan kimia secara komprehensif dan berkelanjutan
Mampu menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan kimia secara ilmiah
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN KIMIA

Keterampilan Khusus
Keterampilan khusus sebagai kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi (Permendikbud No. 049 Th. 2014 tentang SNPT)

1

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di tingkat sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian

2

Mampu mengaplikasikan berbagai model pembelajaran kimia yang sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik

3

Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan Praktikum dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia sesuai standar isi, proses dan penilaian untuk membangun keterampilan proses sains dan penguasaan konsep kimia siswa

4

Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan menentukan solusinya berdasarkan kajian teoretis, analisis informasi, dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

5

Mampu melakukan penelitian dalam bidang pendidikan kimia

Pengetahuan
Pengetahuan merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran (Permendikbud No. 049 Th. 2014 tentang SNPT)

1

Memahami konsep dan prinsip tentang struktur, dinamika, dan energi  bahan kimia, serta  prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya yang dibutuhkan untuk menguasai kimia sekolah

2

Memahami prinsip dan teori pendidikan serta perkembangannya yang meliputi pedagogi, psikologi belajar, dan kurikulum

3

Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keamanan dan Keselamatan Kerja), pengelolaan laboratorium dan penggunaan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia

4

Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk penyelesaian masalah pembelajaran kimia



PROGRAM STUDI KIMIA

DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Kimia berada di bawah asuhan Jurusan Kimia dan merupakan satu program studi dari delapan program studi yang ada di FMIPA UNIMED. Program Studi Kimia resmi beroperasi  dengan keluarnya surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 910/D/T/1998 tanggal 15 April 1998  yang dilanjutkan dengan perpanjangan ijin  Nomor: 7857/D/T/K-N/2011 yang berlaku hingga 31 Agustus tahun 2015. Sejak beroperasi Prodi Kimia telah diakreditasi tiga kali yaitu tahun 2005 dengan peringkat akreditasi C dan tahun 2009 dan tahun 2015 dengan peringkat akreditasi B dengan Surat Nomor: 004/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015 yang berakhir pada 9 Januari 2020. Saat ini jumlah dosen Prodi Kimia yang tergabung dalam jurusan Kimia adalah sebanyak 50 orang yang sudah terdistribusi baik dalam lima bidang kajian  atau KDBK (Kelompok Dosen Bidang Kajian) yaitu Kimia Organik, Kimia Fisika, Kimia Analitik Kimia Anorganik dan Biokimia). Dari 50 orang dosen prodi kimia yang merupakan dosen jurusan kimia sebanyak 17 orang adalah S3 (34 %), 33 orang S2 (66%). Dari 17 orang yang S3 sebanyak 4 orang (8%) diantaranya adalah Guru Besar.  Sebanyak 22 orang yang saat ini S2 sedang menempuh Program S3 dalam berbagai bidang di Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. Ketua Program Studi Kimia mulai berdiri sampai 2003 sampai Juni 2003 dipimpin oleh adalah Drs. Jamalum Purba, M.Si, kemudian pada mulai Juli 2003- Juni 2011 dipimpin oleh Drs. Marudut Sinaga, M.Si, Juli 2011- Juni 2015 dipimpin oleh Dr. Marham Sitorus, M.Si, dan mulai Juli 2015 – sekarang dipimpin oleh Drs. Rahmat Nauli, M.Si dibawah asuhan Ketua Jurusan Kimia, Agus Kembaren S.Si dan Sekretaris Jurusan Drs. Jasmidi, M.Si sejak Desember 2014.

Untuk menyelesaikan S.Si Kimia mahasiswa harus menyelesaikan 150 SKS termasuk 6 sks Skripsi  dan 6 sks mata kuliah pilihan dengan 3 mata kuliah. Hingga saat ini Prodi Kimia telah meluluskan sekitar 300 lulusan. Lulusan Prodi Kimia pada umumnya terserap diberbagai bidang seperti di PT. Ekogreen, PT. Inalum, PT. Musimas, PT.SOCI, RAAP, trainer dan berbagai Indusri dan lembaga riset bidang kimia.

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Visi Prodi Kimia adalah “Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Kimia di tingkat Nasional dan mendapat pengakuan Internasional
Misi Prodi Kimia adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter yang dapat meningkatkan hard skills  dan soft skills peserta didik
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang berkontribusi pada pengembangan bidang kimia.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian bidang kimia.
  4. Membangun kerja sama dengan pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri bidang Kimia.
  5. Menghasilkan lulusan yang kompeten,propesional, memiliki minat wirausaha dan mampu bekerja sama dengan internal dan eksternal  stakeholder.
PROFIL DAN KOMPETENSI PRODI PENDIDIKAN KIMIA

Berdasarkan Visi dan Misi program studi, maka Profil lulusan Prodi Kimia adalah menjadi Sarjana Kimia yang memiliki kemampuan sebagai analis, teknisi, wiraswasta dan peneliti  dalam bidang Kimia.
Kompetensi lulusan Prodi Kimia berdasarkan profil lulusan adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkepribadian luhur dan betaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan kimia
  3. Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar penelitian dan pengembangan bidang kimia
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan di laboratorium kimia
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN KIMIA

Keterampilan Khusus

1

Mampu menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, isolasi, transformasi Dan sintesis bahan kimia yang telah dilakukan

2

Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis mikromolekul melalui penerapan pengetahuan struktur, sifat, perubahan molekul, energinya maupun kinetikanya, dengan metode analisis dan sintesis pada bidang kimia spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan.

3

Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternative solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi,transformasi, dan sintesis bahan kimia yang tersedia dan menyajikan simpulan analisis untuk pengambilan keputusan yang tepat.

4

Mampu menggunakan piranti lunak untuk menentukan struktur dan energy mikromolekul, piranti lunak untuk membantu analisis dan sintesis pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik (organik, biokimia,kimia fisik, kimia analitik,atau anorganik), dan untuk pengolahan
Data (kimia analitik)

Pengetahuan

1

Menguasai konsep teoretis struktur, sifat, dan perubahannya baik pada energi maupun kinetiknya, identifikasi, pemisahan, karakterisasi, transformasi, sintesis bahan kimia mikromolekul dan terapannya

2

Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrument kimia yang umum, dan analisis data dan informasi dari instrument tersebut

3

Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk analisis, sintesis, dan pemodelan molekul pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI


Deskripsi Singkat;

Program Studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu dari dua Program Studi yang ada di Jurusan Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi menyelenggarakan Pendidikan Biologi dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi untuk tingkat dasar, menengah hingga tinggi dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang profesional dan mampu berkompetensi secara nasional,dapat membuat karya ilmiah yang bermutu dan dapat mengembangkan karya-karya inovatif dan kreatif di bidang Pendidikan Biologi dan keilmuan biologi.


VISI

Program Studi Pendidikan Biologi sebagai Program Studi yang unggul dan memiliki daya saing di bidang pendidikan dan penelitian biologi secara nasional dan mendapat pengakuan internasional pada tahun 2020.


MISI
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Biologi yang bermutu, berkarakter dan berdaya saing nasional dan internasional
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif, kreatif dan kekinian berkaitan dengan Pendidikan Biologi
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan hasil penelitian Biologi dan Pendidikan Biologi
  4. Menciptakan budaya akademik yang kondusif dan memberikan layanan Pendidikan Biologi bermutu kepada mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai instusi lokal, nasional serta internasional dalam pengembangan Pendidikan Biologi.

TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan Pendidikan Biologi yang profesional dan mampu berkompetisi secara Nasional maupun Internasional
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang inovatif, kreatif dan kekinian dalam bidang Pendidikan Biologi.
  3. Menghasilkan layanan dan pembinaan kepada masyarakat dalam bidang Biologi dan Pendidikan Biologi untuk meningkatkan kualitas masyarakat
  4. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang mendukung kelancaran kegiatan akademik dan non akademik guna memberikan jaminan pelayanan prima, kinerja yang optimal dari seluruh dosen,tenaga kependidikan dan mahasiswa
  5. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai instansi padatingkat lokal, nasional dan internasional dalam pengembangan Pendidikan Biologi

PROGRAM STUDI BIOLOGI NON PENDIDIKAN


VISI

Program Studi Biologi sebagai program studi yang unggul dan memiliki daya saing di bidang penelitian dan lingkungan secara nasional


MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan Biologi yang bermutu
  2. Melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan Biologi
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat terutama yang berkaitan dengan hasil penelitian Biologi
  4. Menyelenggarakan layanan laboratorium Biologi yang berstandar nasional
  5. Membina atmosfer akademik yang kondusif di Program Studi Biologi


BILINGUAL INTERNATIONAL STANDARD CLASS

Vision Statement:

The Bilingual International Standar Class will be a leading academic centre of excellence in mathematics and science education in North Sumatra Indonesia and in the world

Mission Statement:
  1. To have a positive and lasting impact on the quality of mathematics and science education and assist education of mathematics and science in meeting the challenges of today’s dynamic educatioanl landscape in North Sumatra Indonesia and in the world.
  2. To contribute significantly and meaningfully to local, national and international manpower development by producing and developing high calibre mathematics and science educators who have integrity commitment and allegiance to the teaching profession and national educational policies and goals.
  3. To recrut and retain quality students within programs, offer high-quality on campus undergraduate program that develop well-educated and professional educators with a depth of content and pedagogical knowledge trough best practices in mathematics and science education.
  4. To develop the independent research and critical thinking abilities of students along with a familiarity with research-based developments in mathematics and science teaching and learning.


Back to Top