Pendaftar SNBP 2024 UNIMED Mencapai 25.768 Calon Peserta

Setelah resmi pendaftaran SNBP 2024 telah ditutup oleh Panitia Pusat pada 28 Februari 2024, terdata jumlah pendaftar Universitas Negeri Medan berjumlah 25.768. Pendaftar tersebut berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dari jumlah data pendaftar, akan diambil secara objektif sesuai prosedur dan ketentuan dari Panitia SNPMB melalui jalur SNBP berdasarkan kouta di Unimed ada 2645 mahasiswa baru. Jumlah Program Studi yang menerima mahasiswa baru jalur SNBP di Unimed ada 55 Prodi. Terlihat begitu ketatnya persaingan untuk bisa masuk menjadi mahasiswa baru di Unimed. Jalur SNBP akan diumumkan secara online pada 26 Maret 2024, Pukul 15.00 WIB.

Sepuluh Prodi favorit di Unimed jalur SNBP 2024 dengan peminat tertinggi antara lain : 1) Prodi PGSD FIP, 2) Prodi Manajemen FE, 3) Prodi Ilmu Komputer FMIPA, 4) Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling FIP, 5) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS, 6) Prodi GIZI FT, 7) Prodi Akuntansi FE, 8) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS, 9) Prodi Pendidikan TIK FT, dan 10) Prodi Pendidikan Tata Boga FT.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Unimed setiap tahunnya tercatat sebagai prodi favorit melalui semua jalur penerimaan mahasiswa baru. Hal ini mengindikasikan banyak masyarakat yang berminat ingin kuliah di Unimed. Bisa jadi dilatarbelakangi oleh peluang kerja pada lulusan prodi PGSD yang menjanjikan, sehingga pendaftar mengejar untuk bisa masuk keprodi PGSD walau sangat ketat persaingannya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd mengatakan, semua program studi di Unimed memiliki peminat yang cukup tinggi. Dari 55 Prodi yang dibuka melalui jalur SNBP terdata pendaftarnya cukup tinggi. Sedangkan setiap Prodi nya kita hanya menerima ± 50-100 mahasiswa baru. Memang ada lima Prodi dengan jumlah pendaftar tertinggi yang menjadi Prodi favorit bagi pendaftar jalur SNBP ini, yakni : PGSD, Manajemen, Ilmu Komputer, Pend. BK, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Jumlah pendaftar terbanyak tersebut mengindikasikan prodi tersebut memang sangat diminati oleh masyarakat. Bisa jadi berkorelasi dengan peluang kerja setelah lulus nantinya. Kami akan terus menata segala lini untuk kemajuan Unimed menjadi universitas terbaik, bermutu dan berdaya saing. Upaya kesungguhan dan keseriusan kita telah ada hasil gemilang dari sisi hasil akreditasi semua Prodi sudah 65 % akreditasi Unggul / A, Prodi yang lain sedang proses reakreditasi kita arahkan untuk memperoleh akreditasi Unggul semua. Selain itu, kita juga sudah menerapkan kurikulum berbasis OBE disemua program studi, agar semua lulusan Unimed memiliki kompetensi dan skill yang dibutuhkan dunia kerja. Kita juga terus meningkatkan kerjasama dengan semua instansi/lembaga, dunia industri dan dunia usaha dalam mensukseskan program MBKM dan tentunya mendukung kemajuan Unimed serta memberi akses semudah mungkin untuk lulusan kita dalam memperoleh pekerjaan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *